Search Engine Optimization Tips and Tricks Resources

Friday, September 15, 2006

Virtuemart, the best e-commerce solution component

Ketiklah keyword “virtuemart” pada Google maka 514 ribu hasil yang kita peroleh (March 14th, 2006), bagaimana jika “Oscommerce” yang diketik? Hasilnya jauh lebih besar yaitu 23,2 juta. Software e-commerce lainnya seperti Zencart (1,01 Juta) dan Phpshop (1,17 Juta).

Dari hasil pencarian di Google ada beberapa hal penting yang bisa didapat, antara lain:

  • Oscommerce merupakan produk e-commerce terpopuler sampai saat ini.
  • Virtuemart adalah produk e-commerce yang belum populer
  • Zencart dan phpshop merupakan produk unggulan lainnya disamping ratusan produk e-commerce lainnya (cobalah Fishcart, X-shop, Mymarket, Pgmarket)

Oh ya ada beberapa hal penting lainnya yang bisa kita ambil, yaitu:

  • Jika lupa alamat website terkenal, kita cukup mengetikkan keywordnya saja pada Google, misalnya bank BCA untuk mendapatkan alamat yang dimaksud. Jadi bila lupa suatu alamat cari aja di google.
  • Dari suatu keyword misalnya “Virtuemart” kita akan mendapatkan berbagai informasi tambahan, misalnya modul pendukung seperti sef (search engine friendly). Dan lain-lain terkait dengan keyword tersebut.
  • Pencarian pada search engine sangat penting artinya. Perkiraan kami mungkin 70% orang yang sedang online akan menggunakan google. Jadi kalo punya website usahakan untuk masuk kedalam rangking 10 besarnya.

Kembali ke masalah utama kenapa http://www.pesanharunyahya.com dibuat pake VirtueMart? Beginilah ceritanya. Sekitar 5 tahun yang lalu ada kebutuhan untuk training e-commerce. Setelah cari di Google dapatlah http://mymarket.sourceforge.net. Dipilihnya software ini bukan karena kelengkapan fasilitasnya melainkan karena adanya tutorial tentang e-commerce terkait dengan konsep, database dan script yang mudah dipahami, silahkan buktikan di Google. Dari MyMarket pencarian berlanjut ke Market+, kemudian PgMarket, kemudian PhpShop.

Pencarian software open source e-commerce tidaklah berhenti, kebutuhan untuk mempelajari e-commerce semakin bertambah. Waktu itu CMS belumlah sepopuler sekarang. Mencari CMS yang ada modul e-commercenya saat itu (th 2001) mungkin tidak ada. Akhirnya Oscommerce ditemukan, setahun kemudian ada OscNuke yaitu gabungan antara Oscommerce dengan CMS PHPNuke. Saat itu (th 2003) Oscommerce adalah software yang sangat powerfull, belum ada yang menyainginya. Jadi kami akan bilang mungkin seperti ini “kalo mau bikin e-commerce pakailah Oscommerce, dijamin sukses deh”.

Tetapi seperti artikel sebelumnya yang di Blog ini. ZenCart muncul akibat perkembangan Oscommerce yang sangat amat lambat. Logikanya pastilah kita ganti haluan ke ZenCart, buat apa menunggu sesuatu yang tidak bisa diperkirakan nasibnya. Mungkin waktu itu juga kami akan bilang “kalo mau bikin e-commerce jangan pake Oscommerce karena sekarang ada yang lebih canggih namanya Zencart”. Nah lu?. Perkataan manusia kalo ditarik dari waktu kewaktu kayanya nggak ada yang tepat yah ? :) .

Tetapi sekarang (th 2006 ini) ada software e-commerce yang bisa dipadukan dengan CMS Joomla. Hal ini termasuk suatu yang “luar biasa”. Okelah Oscommerce dan Zencart memang lengkap dan aman, tetapi gimana customizenya ?, nambah page ?, nambah banner ?, mindahin blok ?, ngerubah template?. Semua yang oleh CMS mudah dilakukan menjadi sangat sulit dilakukan oleh e-commerce biasa. Nah muncullah mamboPhpShop dan akhirnya VirtueMartlah pilihannya. Jangan lupa alamat downloadnya yah ? coba liat lagi diatas …

MFakhrurrazi@yahoo.com

No comments:

Scholarship Tips and Tricks Resources

Google Adsense Tips and Tricks Resources Blog

Google Adwords Tips and Tricks Resources Blog