Search Engine Optimization Tips and Tricks Resources

Wednesday, October 11, 2006

Sudah saatnya toko-toko di Mal memiliki toko virtual (e-commerce)

Anda punya toko komputer yang menjual berbagai notebook dan peralatan komputer lainnya ? Bersiaplah untuk bersaingan dengan toko-toko komputer virtual. Agak berbeda dengan toko komputer lainnya, toko komputer virtual bisa dilakukan dengan hanya bermodalkan 1 buah website yang dilengkapi dengan informasi beberapa produk saja. Mereka-mereka para pemilik toko komputer virtual ini bisa berjualan tanpa perlu memiliki aset fisik, seperti misalnya gudang, ruang pamer bahkan komputernya itu sendiri. Terkadang pengelola toko virtual ini hanya terdiri dari 1 atau 2 orang saja.

Salah satu contohnya adalah toko notebook yang dikelola oleh 2 orang yang cukup berpengalaman dalam jual-beli notebook. Alamat webnya bisa diakses di www.warungnotebook.com. Dalam beberapa bulan saja mereka dapat menjual kurang lebih 20 notebook baru maupun bekas. Modal dari kesuksesan mereka adalah pengalaman dalam bisnis notebook, pengetahuan tentang internet dan keberanian untuk 'action'.

Beberapa testimonial yang sudah diberikan oleh para pelanggan warungnotebook.com mungkin bisa lebih memberikan ide-ide baru, berikut ini adalah cuplikannya.

sonjaya berkomentar,
lagi cari notebook bekas dengan kualitas 80 s/d 90 % , search google nemu deh warung notebook, pas tengah malem negoisasi via Yahoo Messenger, bsk pagi dianter dan trs chek akhirnya cocok deh , kondisi seperti di web dan sampai skrg tuh notebook ada di indonesia timur . Sok kalau butuh notebook ke warung notebook aja bisa nego lewat YM dan bayar di tempat ...
Karina berkomentar,
Thanx banget warungnotebook... Gw udah beli 3 unit notebook Toshiba... Semuanya ciamik.... Keren banget... Ga bakal nyesel deh! Pelayanannya juga mungkin lo pada ga bakal dapet dimanapun... CSO warungnotebook tau apa yang pas bwat qta2... Daripada ngubek2 ga jelas nyari2 notebook dimana2... Mending cari aja dimana lagi kalo bukan di warungnotebook...(^^,) Keep up the Great Work!
Yoki berkomentar,
TOPPP ABIZZZ warung notebook, laptopnya murah buanget, gw beli Tecra M6 cuma $1510 padahal di showroom toshiba harganya $2200 (GILA beda $700..PARAH)gak pake mikir semenit langsung pesen n terjamin lg garansinya.Jangan ragu beli, dijamin deh ga nyesel.HIDUP WARUNG NOTEBOOK
Apakah kemunculan e-commerce seperti ini bisa mengancam keberadaan toko-toko komputer konvensional ? Untuk saat ini mungkin jawabannya tidak, tetapi kalau jumlah toko online ini sudah sedemikian banyaknya dan bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dibanding dengan toko konvensional maka jawabannya mungkin bisa ya.

Sebenarnya untuk menciptakan sebuah toko online tidaklah sulit untuk saat ini. Syarat utama sebuah website bisa dikatakan sebagai toko online adalah sebagai berikut:
  • Memiliki catalog
  • Memiliki shopping cart
  • Memiliki order system
  • Memiliki metode pembayaran
Ke-4 syarat ini menjadi sangat sulit jika dikerjakan dari nol, tetapi jika kita menggunakan aplikasi e-commerce maka semuanya telah tersedia. Saat ini aplikasi e-commerce yang open source telah tersedia dipasaran. Beberapa diantaranya yang sangat populer adalah VirtueMart, ZenCart, OSCommerce dan CubeCart. Untuk melihat kemampuan dari aplikasi opensource ini silahkan akses daftar online shop yang telah berjalan dan siap untuk melakukan transaksi.

Daftar live store (bukan demo version):
  • http://shops.oscommerce.com/
  • http://virtuemart.net/index.php?option=com_bookmarks
  • http://www.cubecart.com/site/livestores/
Jika anda telah tahu bahwa sudah sedemikian banyaknya live store yang telah aktif di internet ini, tentunya sangat mungkin sekali bagi pemilik toko konvensional untuk memiliki toko kedua yaitu toko virtual (e-commerce). Bahkan anda tinggal memilih bentuk toko online mana yang anda inginkan dari daftar diatas. Kemudian developer e-commerce akan dengan mudah mengimplementasikannya.

Berapa paling sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat toko virtual ini ?. Biaya yang dibutuhkan adalah biaya untuk memesan web hosting dan nama domain. cukup dengan Rp. 200.000,- Anda bisa mendapatkan toko online ini. Biaya sebesar itu dengan asumsi anda sendiri yang mendevelopnya. Jika di-oursource-kan ke pihak lain mungkin akan membengkak menjadi Rp. 5.000.000,- s/d 15.000.000,- Akan lebih baik jika anda mengikuti training dalam pembuatan aplikasi e-commerce dan setelahnya diharapkan untuk bisa mendevelop sendiri toko online anda.

Ada sedikit pengalaman selama saya mengajar matakuliah e-commerce, setelah perkuliahan selesai ternyata beberapa kelompok mahasiswa telah bersepakat untuk menjalankan bisnis online ini yang bisa dilihat di http://batik.kiosgue.com dan http://klontong.kiosgue.com.

Untuk sementara sekian dulu ...

---
Penambahan dan perbaikan untuk penyempurnaan isi akan selalu dilakukan, mumpung teknologi blog ini memungkinkan untuk melakukannya ...

1 comment:

Anonymous said...

Terima kasih pak, atas dibahasnya web saya di blog ini :D
Maunya sich support buat Univ. Budi Luhur :D

Regards,


Tommy Krismanto
I.T. Warung Notebook
www.warungnotebook.com

Scholarship Tips and Tricks Resources

Google Adsense Tips and Tricks Resources Blog

Google Adwords Tips and Tricks Resources Blog