Search Engine Optimization Tips and Tricks Resources

Friday, December 01, 2006

The Secret of PesanHarunYahya Website

Website http://www.pesanharunyahya.com secara efektif dibuat kurang lebih dalam waktu 1 bulan, terutama dikerjakan pada malam hari. Pembuatannya dilakukan pada awal bulan Februari dan ditayangkan pada tanggal 1 Maret 2006. Menurut penulis (jika tidak keberatan) pembuatannya termasuk 'agak' cepat (mohon maaf bukan ingin sombong). Rahasianya adalah karena dalam pembuatannya menggunakan software CMS Joomla dan Component VirtueMart yang open source.

CMS sekelas Joomla jika dibangun oleh team developer (3-5 orang) menurut perhitungan kasar akan memakan waktu kurang lebih 1 tahun. Sedangkan Component VirtueMart mungkin bisa lebih lama lagi, dengan catatan tidak meniru kode yang telah ada dalam program sejenis.

E-Commerce sendiri bisa dibuat secara langsung tanpa menggunakan CMS, tetapi kendalanya adalah tidak adanya flexibilitas dalam pengaturan content. Dengan cara ini e-commerce akan menjadi kaku seperti yang terjadi dengan OSCommerce dan software e-commerce lainnya. Sebagai contoh, misalnya jika kita ingin menambahkan article baru, menambah banner baru, merubah posisi blok dan lainnya akan menjadi suatu yang sangat sulit. Pengaturan modul-modul diatas sesungguhnya sangat mudah dilakukan oleh software CMS Joomla atau yang sejenis.

Jika dilihat dari faktor biaya yang harus dikeluarkan perusahaan dalam pembuatan software e-commerce ini, maka akan didapat angka-angka yang sangat besar. Jika perusahaan tersebut mempekerjakan 3 orang ahli saja dalam waktu satu tahun maka paling kurang dibutuhkan biaya Rp. 100 juta. Perhitunganya adalah sebagai berikut:

  • Gaji 1 orang Sistem Analis berpengalaman Rp. 8 Juta / bulan
  • Gaji 2 orang Programmer berpengalamaan Rp. 4 Juta / bulan

Kenapa harus mempekerjakan tenaga yang berpengalaman ?, jawabannya sebenarnya sangat mudah yaitu untuk membuat produk yang sukses (bagus) pastilah dibutuhkan resource yang bagus pula. Jika yang dipekerjakan adalah para pemula sudah dapat dipastikan hasilnya adalah produk pemula juga (produk berkualitas rendah).

Hal lainya yang menarik adalah tentang promosi website (e-marketing). Promosi website sangatlah diperlukan agar website tersebut menjadi sering dikunjungi. Semakin banyak website kita dikunjungi maka semakin besar juga kemungkinan terjadinya transaksi. Perkiraannya adalah 1% sampai 2% dari jumlah pengunjung akan melakukan transaksi. Alhamdulillah website ini telah dikunjungi rata-rata 200-300 kali dalam sehari. Promosi yang paling menentukan dalam keberhasilan dari sebuah website adalah promsi yang dilakukan lewat Search Engine. Menurut para ahli 70%-80% kunjungan didapat dari Search Engine untuk sebuah website yang sangat populer. Promosi yang lain-lainnya adalah dari e-mail marketing, affiliate program dan offline marketing.

Masuknya website kedalam Search Engine adalah menjadi suatu keharusan. Untuk merealisasikannya tentunya tidaklah mudah. PesanHarunYahya.com masih berjuang dalam hal ini. Persaingan dalam menempati posisi pertama pada suatu Search Engine bisa diumpamakan sebagai peperangan dalam merebut kata (kalimat) bukan perang dalam merebut kota atau negara. Mungkin lebih tepatnya disebut perang keyword. Keyword (kata kunci dalam pencarian) dibaratkan sebagai kota-kota besar yang akan direbut dalam peperangan. Sekarang ini keyword “toko buku online” belum bisa direbut oleh PesanHarunYahya dari tangan asing. Tetapi perjuangan belum selesai. Waktu belum satu tahun, dan seandainya masih gagal, masih banyak waktu di bulan-bulan atau tahun-tahun berikutnya. Jadi yang penting adalah terus berjuang dan berjuang.

Faktor yang paling menentukan dalam Search Engine adalah Link Popularity dan Click Popularity. Urutan teratas akan sangat dimungkinkan jika link dari situs lain berjumlah ratusan atau ribuan (siapa yang paling banyak ‘link popularity’-nya dialah yang menang). Kemudian siapa yang paling banyak di-click setelah pencarian dilakukan maka dialah yang menang (menempati ururat teratas dalam Search Engine).

MFakhrurrazi@yahoo.com

No comments:

Scholarship Tips and Tricks Resources

Google Adsense Tips and Tricks Resources Blog

Google Adwords Tips and Tricks Resources Blog