Search Engine Optimization Tips and Tricks Resources

Tuesday, October 10, 2006

Sudah saatnya para guru, peneliti dan dosen menggunakan blog !

Saya sebagai konseptor dari www.WartaBlog.com sengaja menyediakan kategori Blog Guru dan Dosen. Dalam kategori tersebut masih sedikit blog guru ataupun dosen yang tercatat. Usaha untuk mendapatkan blog-blog baru terkait dengan kategori tersebut telah dilakukan, berbagai pencarian di Google dengan berbagai keyword telah dilakukan, menelusuri link dari blog yang sudah didapat telah dilakukan. Saya mengambil kesimpulan (sementara) bahwa guru, peneliti dan dosen masih sedikit yang menggunakan blog.

Faktor utama sedikitnya jumlah blog tersebut adalah akses internet. Guru yang telah menggunakan internet untuk menunjang ke-profesiannya masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan oleh masih mahalnya koneksi internet yang ada di Indonesia. Suatu sumber menyebutkan bahwa biaya koneksi di Indonesia jauh lebih mahal dibandingkan dengan negara maju, perbandingannya dikatakan adalah 6 : 1. Artinya jika biaya internet di Amerika Rp. 50.000 atau malah gratis, biaya di Indonesia adalah Rp. 300.000.

Dengan makin banyaknya alternatif koneksi internet, makin lama harga akan makin murah. Sekolah atau universitas sudah mulai untuk memberikan koneksinya lewat fasilitas Wi-Finya Sehingga era internet untuk tenaga pendidik akan segera dimulai.

Betapa pentingnya blog untuk profesi ini. Sebagai contoh seorang dosen matakuliah database bisa 'berteman' dengan pemilik blog yang mengajar juga materi kuliah ini. Bahkan dosen ini bisa juga 'berteman' dengan pengarang-pengarang buku database lokal ataupun internasional. Dengan terbuka lebarnya channel komunikasi ini maka otomatis dosen tersebut akan terus update dibidangnya.

Dalam pengajaran IT banyak dosen-dosen senior yang menjadi obsolete pengetahuannya. Sebagai contoh dosen bahasa pemrograman komputer. Mereka-mareka yang dulu mengajar Cobol atau Fortran dan tidak meng-update ilmunya untuk belajar bahasa program terbaru seperti Java atau PHP akan tergilas habis. Mereka tidak dipakai lagi untuk mengajar matakuliah Bahasa Pemrograman, atau bisa juga merekanya yang tidak mau lagi mengajar matakuliah ini.

Analogi dari contoh diatas bisa terjadi di bidang ilmu yang lain walaupun mungkin sangat lambat pergeserannya. Dengan adanya blog ini mereka bisa mengikuti perkembangan bidangnya melalui sharing pendapat diantara mereka. Biasanya sharing antar dosen di kampus jarang sekali terjadi, dengan kata lain sharing mengenai bidang yang diajar tidak terlalu sering terjadi. Dengan adanya blog kekakuan ini bisa diatasi dengan baik. Banyak pengguna blog yang tipikalnya adalah tipe yang pendiam tetapi di dunia blog menjadi sangat agresif dalam menuliskan pendapat-pendapatnya. Hal ini tidak aneh dan merupakan hal yang sangat sering terjadi di dunia blog.

Manfaat lain dari blog adalah arsip-arsip yang tidak akan pernah hilang atau rusak. Jika anda menggunakan layanan e-mail Yahoo atau G-Mail, anda akan merasa yakin bahwa layanan ini akan bisa digunakan dalam waktu panjang, mungkin juga selamanya asalkan e-mail tersebut paling kurang digunakan sebulan sekali. Demikian juga dengan blog, blog yang disediakan oleh Blogger.com atau Multiply.com akan memberikan fasilitas yang sama seperti halnya dengan Yahoo atau Google email.

Guru dan para dosen yang aktif dalam membuat artikel akan dapat dengan leluasa mengupdate apa yang telah dituliskannya. Seperti dalam contoh kasus artikel yang saya tuliskan ini. Artikel ini akan terus diperbaharui dengan fakta-fakta baru dan bukti-bukti baru yang mendukung thema dari artikel ini. Dengan demikian tulisan tersebut akan selalu ada dan selalu berguna kedepannya.

---
Penambahan dan perbaikan untuk penyempurnaan isi akan selalu dilakukan, mumpung teknologi blog ini memungkinkan untuk melakukannya ...

1 comment:

Anonymous said...

wah iyah pak, di daerah saya jangankan para guru yg kebanyakan tidak memiliki kemampuan dan kemauan untuk akses internet, la wong yg kebetulan punya akses malah gak mau memanfaatkannya. Mungkin udah keder duluan, lalu gak mau mencoba.
Ada suatu saat saya tanya ke mantan dosen saya emailnya saja gak punya, saya ajak ikut aktif di suatu millis aja masih gak tahu gimana caranya. Sepertinya emang perlu sosialisasi kepada para profesional guru dan dosen.
Kebanyakan mereka lebih cenderung tidak perduli dunia lain dan lebih merasa puas dengan apa yg ia tahu.
Mengenaskan... banyak ilmu di internet, ada ebook yg melimpah untuk segala ilmu. tapi mereka lebih menyukai buku2 lusuh/usang yg tempatnya di perpustakaan berdebu.
Rasanya mereka yg seperti itu masih hidup di jaman batu dunia pengetahuan.
Saya sendiri juga belum begitu banyak bisa memanfaatkan internet, tapi setidaknya sudah saya mulai sekarang.

Scholarship Tips and Tricks Resources

Google Adsense Tips and Tricks Resources Blog

Google Adwords Tips and Tricks Resources Blog